Bekasi, 17 November 2022. Satpol PP Jabar bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat melaksanakan Patroli Pengawasan dan Penindakan Pelanggaran Tertib Tata Ruang di Kawasan Pesisir Wilayah Kec. Tarumajaya Kab. Bekasi.

Target operasi kali ini yaitu aktivitas pengurugan bantaran sungai Kali Kanal yang masuk ke dalam penguasaan Perum Jasa Tirta (PJT) II Unit Wilayah I. Pokmaswas menganggap aktivitas tersebut sebagai upaya reklamasi pantai/sungai yang berpotensi merusak kelestarian ekosistem perikanan tangkap. Aktivitas tersebut merupakan bagian dari proyek Villas Ocean & Resort Marunda yang dioperasikan oleh PT Indonesia Internasional Capital.

Tim pemeriksa pemilik, penanggung jawab atau pengelola usaha dan perorangan yang diduga melakukan pelanggaran tertib tata ruang, tertib sungai, saluran irigasi, situ dan pinggir pantai, tertib lingkungan, tertib energi dan sumber daya mineral, tertib perizinan, serta tertib aset.

Pengurugan bantaran Kali Kanal tidak mengurangi lebar badan sungai. Bahkan di beberapa titik malah diperlebar karena agak sempit.

Di lokasi nampak jelas hak penguasaan, pengelolaan atau pengaturan fisik tanah berada pada Perum Jasa Tirta (PJT) II Unit Wilayah I.
Spesifikasi kegiatan pembuatan jalan, sebagian merupakan perkerasan jalan, dan sisanya menuju muara merupakan reklamasi pantai atau sungai.

Pemeriksaan lapangan dilanjutkan dengan mengumpulkan informasi di kantor proyek Villas Ocean & Resort Marunda yang dioperasikan oleh PT Indonesia Internasional Capital, sebuah perusahaan pengembang tempat tinggal di kawasan industri Marunda.

PT Indonesia Internasional Capital telah membangun jalan sepanjang 1,8 Km yang telah mendapat persetujuan warga serta diketahui oleh RT, RW, dan Kepala Desa.

Tim Melakukan pemeriksaan terhadap seorang penanggung jawab tempat usaha dan membuat BAP Pengawasan atas nama Tulus Wahono berumur 40 tahun (Project Manager Villas Ocean & Resort Marunda).

Walaupun tidak ditemukan indikasi pelanggaran ketentuan, namun melalui manajer proyek, tim meminta agar PT Indonesia Internasional Capital hadir ke kantor Satpol PP Provinsi Jawa Barat.

50 Views