SatpolPP Jabar melakukan Rapat Internal membahas Inisiasi Bidang Linmas untuk menjalankan Program “Satlinmas Juara 2021” (SALIRA) yang menjadi program unggulan di tahun 2021 pada hari Rabu 3 februari 2021.

Satlinmas telah memiliki masa panjang dalam pengabdiannya di tanah air. Selama ini masyarakat lebih mengenalnya dengan hansip. Mereka ada di unsur-unsur terkecil di tengah masyarakat. Fungsi dan keberadaannya telah salah kaprah ditengah masyarakat selama ini, belum lagi tidak adanya pembinaan secara khusus kepada Satlinmas tersebut, membuat kehadiran mereka terkadang justru membuat penolakan dan kejengahan dalam lingkungan masyarakat.

Paradigma inilah yang ingin dirubah oleh Satpol PP Jabar. Pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat Juara (Satlinmas Juara) tidak hanya di level Daerah tetapi sampai ke tingkat Desa/Kelurahan. Satlinmas Juara baik tingkat Daerah, Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan dibentuk dan dibina agar memiliki kompetensi untuk membantu ketentraman dan ketertiban serta penanggulangan bencana. Setiap anggota Satlinmas mempunyai peran untuk mensosialisasikan, meng edukasi dan melakukan mitigasi terhadap Ketentraman dan Ketertiban NKRI di daerahnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan Satpol PP dan Satlinma yang lebih humanis, dan mampu memberikan jaminan perlindungan masyarakat secara nyaman, aman dan tentram dalam beraktivitas.

Untuk merealisasikan rencana ini maka pada hari Jum’at 5 Februari 2021 Kasatpol PP Provinsi Jawa Barat meresmikan pembentukan SALIRA di Pameungpeuk. Acara ini dihadiri langsung oleh Camat pameungpeuk Kepala Desa yang ada di Kecamatan Pameungpeuk, Kasatpol PP Kab Garut, Kapolsek serta Danramil juga tentunya Kasatpol PP Jabar beserta jajarannya dan anggota linmas tiap Desa di Kecamatan Pameungpeuk.

Dalam pertemuan tersebut Kapolsek Pameungpeuk dan Danramil serta Camat sangat mengapresiasi dan mendukung atas pembentukan Satlinmas Juara ini. Kapolsek Pameungpeuk pun menuturkan “bahwa ketertiban dan kemanan masyarakat ini merupakan tanggung jawab kita semua termasuk Satlinmas yang harus ikut serta dalam mendorong terwujudnya keamanan dan ketertiban di masyarakat” tuturnya.

Acara diselenggarakan dengan sangat sederhana, ngariung babarengan di Kantor Camat Pameungpeuk dengan para anggota linmas dan saling bertukar pikiran untuk mendengarkan masukan dan saran dari para anggota linmas tersebut.

36 Views