Rabu, 9 November 2022. Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan Desk Penyusunan Rencana Kerja Penggunaan DBH-CHT Bidang Penegakan Hukum Tahun 2023.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kali pertama dilakukan provinsi terhadap kabupaten/kota. Sebagai kegiatan pertama, Tim mencoba mencari metode yang sesuai untuk dilakukan. Pihak daerah juga mengakui bahwa kegiatan desk tersebut adalah kali pertama dilakukan.

Sesi desk yang berlaku selama ini berupa pembahasan per daerah per meja. Namun sekarang polanya dibahas secara terbuka dan ditayangkan sehingga peserta dan pembahas dapat mengetahui secara langsung catatan masukan, koreksi, dan perbaikan yang menjadi informasi bersama.

Daerah dalam memahami fungsi DBHCHT sebagai mandatoris belum optimal sehingga perencanaan masih ada yang belum sesuai acuan (PMK).

Daerah juga merasa sangat terbantu dengan adanya desk ini. Berdasarkan review KPPBC Cirebon, RKP Bidang Gakum yang disusun Satpol PP secara umum memenuhi kriteria sesuai acuan: terstruktur, logis, dan accountble.

249 Views