BANDUNG — Apel Praja Wibawa Siaga Pilpres dan Pileg 2024 dilaksanakan di Markas Komando Satpol PP Provinsi Jawa Barat. Apel ini di selenggarakan khusus untuk jajaran Satpol PP agar memiliki kesiapan. Kesiapan yang bukan hanya fisik atau mental, tetapi persiapan terhadap pemahaman pelaksanaan pemilu dan pilkada di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Apel ini dilaksanakan tentunya agar semua jajaran Satuan Polisi Pamong Praja memahami penugasan yang di berikan kepada jajaran Satpol PP baik itu Provinsi ataupun kabupaten kota tidak hanya terkait dengan pemilu baik pilpres, pileg dan pilkada tetapi tetap harus melaksanakan tugas dan fungsi kewenangan kita sesuai standar pelayanan minimal yang harus dilaksanakan oleh Satpol PP dan berkaitan dengan ketentraman dan ketertiban penegakan peraturan daerah dan juga perlindungan masyarakat.

Kasatpol PP Provinsi Jawa Barat berpesan, seluruh jajaran Satpol PP harus memahami bagaimana kita sinergikan pekerjaan yang berkaitan dengan tugas fungsi kewenangan Satpol PP dalam rangka penegakan perda dan trantibum serta linmas serta berkaitan dengan bagaimana menjamin keamanan dan kenyaman masyarakat untuk menyalurkan hak pilih pada pemilu tahun 2024.

Hari ini pada tanggal 12 Februari 2024 sudah memasuki masa tenang, oleh karena itu didalam masa tenang seluruh lapisan masyarakat terutama peserta pemilu untuk tidak memanfaatkan masa tenang untuk kepentingan dalam rangka kampanye dalam bentuk apapun.

 

Oleh karena itu dimulai dari hari ini sampai hari pencoblosan atau pemungutan suara, seluruh jajaran Satpol PP Porivinsi, Kabupaten dan Kota sesuai arahan dari pimpinan Penjabat Gubernur Jawa Barat kepada Kasatpol PP Provinsi Jawa Barat agar semua jajaran Satpol PP aktif menjaga MASA TENANG PEMILU 2024.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Kasatpol PP kepada seluruh jajaran yang mengikut Kegiatan Apel ini. Diantaranya :

Mewajibkan seluruh jajaran untuk membantu mertibkan dan menjaga NETRALITAS ASN. Menurut Komite Aparatur Sipil Negara, dari 38 Provinsi, Jawa Barat hanya terdata 1 pelanggaran murni ASN terkait Netralitas ASN yang sekarang masih ditindaklanjuti hingga KASN.

Untuk senantiasa bersama menjaga lingkungan terkait APK dan APS yang terpasang selama masa kampanye agar tidak mengganggu keamanan, kenyamanan serta ketertiban umum yang digunakan oleh masyarakat.

Agar senantiasa jajaran Satpol PP baik itu Provinsi, kota atau kabupaten untuk aktif menjaga kemanan, kenyaman serta ketertiban umum juga memberikan perlindungan kepada masyarakat selama masa tenang pemilu hingga hari pemungutan surat suara tiba.