Teliti BPR, Iwa Raih Gelar Doktor


BANDUNG-Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa meraih gelar doktor  dengan yudisium ‘cum laude’ dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor yang digelar di Gedung Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjajaran, Kamis (14/1/16).

Judul tesis yang diajukan Iwa, yaitu, Strategi Bersaing Dan Kreasi Nilai Yang Didorong Oleh Kekuatan Lingkungan Industri Dan Sumber Daya Perusahaan Berimplikasi Pada Kinerja BPR.

Penelitian yang dilaksanakan dari 2012 ini berdasarkan, BPR (Badan Perkreditan Rakyat) di kecamatan ada sejak tahun 1972 di kota/kabupaten Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten  fenomenanya tidak menghasilkan pendapatan yang baik. “Padahal BPR ini sangat berkontribusi bagi kabupaten/kota dalam menambah PAD dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan modal usaha,” tutur Iwa.

Iwa mengatakan, dari lima variabel batasan masalah dalam penelitian meliputi aspek kekuatan lingkungan industri, sumber daya perusahaan, kreasi nilai, strategi bersaing dan kinerja perusahaan, ternyata hasilnya belum optimal. Setelah melakukan kajian, akhirnya ditemukanlah satu model namanya Model Keberlanjutan Kinerja BPR yang bermanfaat bagi para direksi dan manajer dalam meningkatkan kinerja perusahaan dengan menunjukan laba yang lebih meningkat.

Diharapkan Iwa, dengan adanya model ini atau Teori Iwa, keberlanjutan BPR ini bisa diterapkan guna meningkatkan laba perusahaan dan kinerja yang lebih baik. Oleh karena itu, akan coba disebarluaskan di 65 BPR kota/kabupaten Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten dan melakukan bussiness partner dengan bank nasional.

Iwa Karniwa mengikuti Program Doktor Ilmu Manajemen Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran dan mulai melakukan disertasinya sejak Agustus 2012. Dan telah melakukan penelitian berdasarkan sensus di setiap daerah dari data dan fakta. Sidang promosi doktoral Iwa itu, dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar beserta Giselawati Mizwar dan kepala OPD dilingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Share:

Copyright © 2015 SATPOLPP PROVINSI JAWA BARAT, All Rights Reserved.